Dibanding Bebo, Facebook Jauh Lebih Tidak Aman

Situs jejaring social Facebook ternyata tidak cukup bagus untuk membantu melindungi anak-anak dari kekerasan fedofilia di situs tersebut, menurut seorang pengamat proteksi anak. Situs Facebook menjadi dikecam setelah terdakwa Peter Chapman atas dakwaan pemerkosaan dan pembunuhan terhadap anak sekolah Ashleigh Hall. Chapman sendiri adalah seorah predator sex anak yang menggunakan identitas palsu untuk menjebak anak muda yang online.

Tidak seperti situs lainnya seperti Bebo dan MSN, Facebook belum memasang ‘tombol’ bantuan untuk anak yang mengingatkan para penegak hukum ketika mereka terancam bahaya. Sementara Jim Gamble, CEO Child Exploitation and Online Protection Centre (CEOP), yang memonitor website untuk image kekerasan seksual terhadap anak, mengatakan bahwa Facebook tidak bisa menggunakan ‘cara simple’ untuk memproteksi anak. Tombol "ClickCEOP" sendiri akan menyarankan mengenai bahaya online dan memberikan kesempatan mereka untuk melaporkan predator online. “Kami ingin Facebook mengadopsi cara simple kami atau menjelaskan mengapa mereka tidak menggunakannya.“ ungkap Gamble.

Sementara dari juru bicara Facebook, mengatakan bahwa keamanan pengguna Facebook adalah prioritasnya. Facebook memiliki tombol report di setiap halaman situs kami dan support untuk 400 juta user, dan Facebook bekerja sama dengan satuan kepolisian di seluruh dunia, dan telah melatih staff di dua benua untuk memberikan support 24 jam dalam 70 bahasa yang berbeda.

Sumber : www.beritanet.com

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Dibanding Bebo, Facebook Jauh Lebih Tidak Aman"